Pages

Friday, February 2, 2018

Sun Flower Pillow Cushion (T-shirt yarn project)

Beberapa waktu lalu, saya mem-posting foto-foto kegiatan Kiddos di timeline facebook. Tadinya, saya ingin mengubah kamar Fatih menjadi play room. Ternyata, anak-anak punya ide berbeda. Box mainan dikeluarkan, dan kamar tersebut diubah menjadi "ruang kelas".

Semangat!

Anak-anak terlibat langsung dalam pembuatan ornamen ruangan. Kami memulainya dengan pembuat pola-pola lingkaran menggunakan benda-benda yang reachable. Di foto di atas, misalnya, Fatih berinisiatif menggunakan mangkuk es krim. Sedangkan kakaknya, Nayfah, menggunakan piring plastik kecil yang biasa digunakan sebagai tempat kecap atau sambal.

Hasil setengah jadi.
Ternyata, sehari tak cukup untuk menghias ruang kelas ini. Kami akhiri kegiatan di sore hari, karena kehabisan kertas warna. Not bad lah... lumayan juga hasilnya. Hari itu kami belajar bagaimana bekerjasama, melatih motorik halus, mengenal warna (untuk Fatih), dan Nayfah pun ternyata mulai bisa mengajari adiknya.

Muridnya pakai helm :D
Saat sore beranjak petang, kami sudah siap untuk belajar. Nayfah memilih untuk belajar bahasa Arab, sedangkan Fatih lebih tertarik melihat kakaknya menulis di papan. Daaaannn... karena Fatih mengutamakan safety first, di dalam kelas pun pakai helm -_-"

Anyway, pada foto terakhir di atas, banyak yang salah fokus dengan gambarnya. Teman-teman perajut tertarik dengan bantal hias berbentuk bunga matahari.
Yep, karena itulah, kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang pembuatan bantal matahari ini. Cara membuatnya sederhana dan mudah. Siap untuk mencoba? Yuk, siapkan alat dan bahannya dulu:

Alat dan bahan:
  • benang kaos (T-shirt yarn) warna kuning dan putih
  • hook 7.00 mm
  • dakron
  • kain furing lingkaran untuk isi bantal
Buat 2 lembar lingkaran dengan pola:
R1: MR, dc 13
R2: inc 13
R3: dc, inc (13x)
R4: dc 2, inc (13x)
R5: dc 3, inc (13x)
R6: dc 4, inc (13x)
R7: dc 5, inc (13x)
R8: dc 6, inc (13x)
Untuk step selanjutnya (membuat kelopak), kita lakukan
dengan cara menyatukan kedua lembaran lingkaran tadi
dengan sisi jelek berhadapan, lalu rajut kelopak dengan
memasukkan hook ke masing-masing front loop dari
lingkaran tersebut.
Edging: *ch 2, dc 2, 3-ch picot, dc 2, sl st* (ulangi 15x).
Siapkan filling (dakron) berbentuk lingkaran.
Masukkan dakron ke dalam sarung bantal, lalu tutup
sisa edging dengan merajut round terakhir hingga selesai.
Tadaaaaa.... langsung dipakai ^_^

No comments: